Buku tulis VS Binder

Desember 6, 2008 at 5:15 pm (1)

book

Assalam
Ada satu sedikit bahasan buat para sahabat tentang efektifnya mencatat sebuah pelajaran atau bahasan mata kuliah. Hal ini sudah teruji berdasarkan pengalaman pribadi dan teman saya yang namanya fahmi. Dia pernah sharing kepada saya bahwa dia pernah memakai binder sebagai alat untuk mencatat. Dan fahmi mengaku bahwa binder kurang efektif menurut dia. Hal ini juga saya rasakan pula, memakai binder jadi sangat tidak efektif lama-kelamaan(entah saya dan teman saya tipe orang pemalas atau tidak). Malah kami mengira bahwa buku tulis  adalah yang paling efektif. Berikut kelebihan binder daripada buku, hasil diskusi saya dengan fahmi :
•    Sangat mudah untuk dipasang dan dicopot
•    Hanya butuh sekat untuk memisahkan antar catatan
•    Cover bisa diganti sesuai keinginan
Dari berikut pula kekurangan dari binder:
•    Kertas catatan kemungkinan hilang sangat besar
•    Jika kita tidak punya persediaan habis, mencatat menjadi agak malas(apalagi kalau tidak punya uang, mengingat kertas binder telah di partisi untuk catatan lain)
Jadi menurut kami untuk tipe orang yang agak pemalasa seperti kami disarankan untuk memkai buku saja, sebab kemungkinan untuk teledor menghilangkan catatan kecil(tapi harus tetap rajin mencatat). Dan ketika kita butuh catatan, kita tidak perlu lagi mencari lembar catatan yang hilang karena kita telah mencatat di buku.

semoga bermanfaat, wassalam

Written by fahmi dan eelham182

6 Komentar

  1. deady rizky said,

    bener bangett
    saya juga ga cocok pake binder
    lebih baik pake buku tulis trus satu halamannya dibagi 2
    ngirit bok
    wakakakak

    well, that’s me

    akhirnya ada prinsip ekonomi na jg.hehehe. yaitu ngirit

  2. sarahtidaksendiri said,

    hehheeh..sekarang binderQ lbh banyak drpd buku…
    makasih y udah mampir ke blogQ
    salam kenal

    hehehe, minta bindernya dong.he. iya, salam kenal jg

  3. icalmahdi said,

    Kalo saya >
    Buku dan binder sama aja.
    Asalkan di desain menarik dan efisien, Insya Allah bisa berguna dg baik..
    tul gak..??

    Yg penting. >>
    Keep On Writing..
    Tambatkan ilmu dan isi hati-mu di atas secarik kertas..!!

    kalo kata orang medan bang, “mantap kalee. . .”

  4. Suryawan Indonsia said,

    pertama:
    selamat mengonline kepada sodara Fahmi yg ikut memwriting postingan diatas

    kedua:
    kalo gue nih,,,
    kagak masalah coy,, mau nulis di buku ato di binder,
    yg jelas diatas dah dibahas ama mas ilham feat fahmi, bahwa keduanya (buku & binder) sama-sama memiliki sisi baik & buruk,
    so, pinter2nya kita bagaimana me-manage ‘itu’…

    & yg lebih penting lagi nih,
    kalo gak salah ada sebuah kalimat yang menyuruh kita bahwa
    “ikatlah ilmu dengan menulisnya”
    afwan lupa kalimat itu dari siapa,

    Semangaddd,,,!!!!!!!!!!!!!!!1 =p

  5. dimas_anarky said,

    saya nulis di notes…lho????

    • eelham182 said,

      salam kenal bung dimas anarky. hehe, notes juga tidak apa2 yang penting anda menulis dengan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: